Kamis, 20 November 2008

Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan HMI

Monday, 15 September 2008

Pada rapat bidang yang dilaksanakan oleh Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) PB HMI, Minggu, 14/09, ada keinginan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi kader-kader HMI. Walaupun sebenarrnya ide ini sudah sering di sampaikan pada forum-forum HMI, tetapi tidak ada salahnya untuk memulainya kembalai. Ide ini didasarkan pada, Pertama, kurangnya minat kader HMI untuk menggeluti dunia usaha pasca di HMI. Kebanyakan dari kader HMI lebih tertarik untuk menjadi politikus secepatnya. Padahal untuk menjadi politikus tentunya butuh juga dana untuk mampu bertahan dan berkembang dari hempasan permainan politik nantinya.

Kedua, meminimalisir ketergantungan pengurus HMI (PB HMI) terhadap alumni dalam menjalankan roda organisasi. Karena selama ini dalam setiap agenda HMI ketergantungan ini selalu saja terjadi. Sehingga alumni kadang-kadang takut ketemu dengan pengurus HMI. Karena pasti keluar dana setiap ketemu,,,ini seloroh kami waktu rapat. makanya HMI juga kreatif dalam mencari celah agar kegiatan bisa jalan tetapi mengurangi ketergantunagan. Bukannya HMI tidak butuh bantuan alumni HMI, tetapi bagaimana alumni bisa memberikan pancing dari pada ikannya.

Nah, untuk menjawab itu bidang KPP berencana mengadakan beberapa kegiatan untuk di bawa dalam raker PB HMI, 20-21 sep nanti. Diantaranya, Mengadakan Silaturahmi pengusaha dari alumni HMI dengan kader HMI yang berminat untuk menekuni dunia usaha. Targetnya nanti, bagaimana alumni mampu memberikan ilmunya sekaligus mengkader calon pengusaha muda HMI untuk mampu mandiri. Kedua, mengadakan workshop tentang kewirausahaan bagi kader HMI dan ketiga menggalakkan koperasi-koperasi ditingkat cabang HMI seluruh indoensia.

Salah satu contoh keberhasilan koperasi terjadi di HMI Cabang Mataram. Disana sudah berdiri koperasi syariah yang dikelola oleh cabang. Sejak berdiri beberapa tahun lalu sekarang sudah mampu membeli sekretariat permanen seharga 250 juta. Ini sebuah keberhasilan. Makanya kita juga ingin ada di PB HMI dan cabang-cabang lainnya. Dan tentunya kita butuh sokongan dan bantuan dari laumni HMI serta kawan-kawan HMI dalam mewujudkan itu. Insya Allah dengan niat yang baik, dapat terwujud pengusaha dari HMI dan tidak sekedar wacana lagi.


Wassalam
Revi Marta Dasta
Wasekjend KPP PB HMI

Dipublikasikan oleh FORAHMI

Tidak ada komentar: